Batu berdarah merupakan suatu kondisi keluarnya dahak yang disertai dengan darah. Pada kebiasannya dahak yang keluar berwarna kehijauan, sedangkan jika anda sedang mangalami batuk berdarah, maka dahak yang keluar dari paru-paru, tenggorokan,atau pada saluran pernafasan, berwara merah segar. Dalam dunia medis batuk berdarah lebih dikenal dengan istilah hemoptisis

Adanya darah yang keluar dari paru-paru, tenggorokan, dan bagian saluran pernafasan ketika batuk, tidak sama dengan adanya darah yang keluar dari mulut, kerongkongan, atau salura pencernaan, dimana darah yang keluar dari beberapa bagian saluran pernafasan memiliki bentuk seperti lendir yang berbusa.

Oleh sebab itu, jika anda mengalimi batuk, dan kemuadian meleruarkan darah dengan bentuk dan ciri-ciri tersebut, alangkah lebih tepatnya untuk segera menjalankan suatu pengobatan, sebab jika anda menyepelekan dan membiarkanya, maka kemungkinan besar suatu saat, tubuh anda akan mengalami suatu gangguan kesehatan yang cukup serius.

Apa yang menjadi penyebab dari adanya batuk berdarah ?

Secara pasti penyebab umum dari batuk berdarah ialah, adanya salah satu organ pernafasan yang mengalami infeksi, terserangnya tubuh oleh kaker paru-paru, dan adanya suatu masalah yang menyerang pada pembuluh darah di paru-paru.

Namun disamping itu semua, masih banyak lagi penyebab yang lainnya, yang dapat memugkinkan seseorang terserang oleh batuk berdarah. Segera anda simak beberapa penyebab lainnya berikut ini :

  1. Peradangan pembuluh darah pada organ paru-paru(vaskulitis). Ini adalah suatu kondisi yang disebabkan dari adanya tenggorokan yang teiritasi.
  2. Terserang oleh penyakit bronkitis, baik yang masih akut, maupun kronis. Ini adalah penyakit yang paling sering mejadi penyabab dari batuk berdarah.
  3. Bronkiektasi. Ini merupakan jenis penyakit yang disebabkan dari adanya suatu pelebaran pada saluran udara dengan cara yang tidak normal,dan akan menimbulakan penumpukan lendir, yang akan memyebabkan organ paru mudah sekali terserang oleh infeksi
  4. Pneumonia, ini adalah jenis penyakit serius yang menyerang pada paru-paru, dan mungkin untuk kebanyakan orang akan mengenal penakit yang satu ini dengan penyakit paru basah
  5. Tuberkulosis (TBC). Ini jenis penyakit paru yang sangat mudah menular
  6. Tubuh terserang oleh penyakit autoimun seperti : lupus, granulomatosis Wegener, polyangiitis mikroskopis, dan sindrom Churg-Strauss.
  7. Kanker paru-paru, atau tumor paru-paru
  8. Penggunaan pengencer darah
  9. Batuk yang terlalu keras

Nah itulah beberapa penyebab dari terserangnya tubuh oleh batuk berdarah, dan kebanyakan yang menjadi penyebabnya merupakan panyakit yang cukup serius dimana pusat penyerangannya pada paru-paru. Oleh sebab itu jika anda terserang oleh salah satu dari beberapa jenis panyakit diatas, diusahakan segeralah melakukan pemeriksaan dan pengobatan, sebelum batuk berdarah menyerang, dan memperparah keadaan tubuh anda.

Pemeriksaan apa yang musti dijalankan jika tubuh sudah terserang penyakit paru, disertai dengan batuk berdarah?

Berikut adalah beberapa cara pemeriksaan yang musti di jalankan bagi para penderita penyakit paru, yang sudah mengembangkan gejalanya berupa adanya batuk berdarah :

  • Anamnesis, atau dengan melakukan pemeriksaan Fisik. Cara yang dapat anda lakukan dalam menjalankan pemeriksaan ini , yakni dengan banyak bertanya seputar keluhan yang dirasakan, sebelum maupun sesudah anda mengalami batuk berdarah. Nah dari dilakuaknnyapemeriksaan tersebut maka dokter akan mengumpulkan petunjuk untuk membantu mengidentifikasi penyebab batuk berdarah anda
  • X-ray Thorax atau rongsen pada bagian dada. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengecek apakah paru ditumbuhi oleh tumor, dan juga untuk mengecek apakah cairan pada paru mengalami penyumbatan atau tidak.

Jika anda kurang bersedia untuk menjalankan kedua cara tersebut, anda bisa mencari alternatif pemeriksaan, atau pengobatan lainya yang sifatnya tradisioanl dan herbal.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.