Dijaman yang sudah canggih dan modern ini dimana kendaraan sudah pada canggih dan pesawahan sudah menjadi bangunan bangunan mewah, dimmana hal tersebut menimbulkan sulitnya untuk mendapatkan udara segar yang cukup dalam bernafas melaui hidung maupun melalui mulut, apalagi bagi para masyarakan yang hidup diperkotaan.

Menurut para ahli kesehatan, jika seseorang mengalami kekurangan dalam meproduksi udara yang segar dan cukup atau berlebih apda tubuhnya , maka akan menyebabkan timbulnya beberapa gangguan atau masalah yang akan menyerang pada sistem pernafasa seperti mendengkur, mulut kering, masalah tidur dan kelelahan,  hidung septum bengkok, alergi atau lemah, lubang hidung tipis yang nanatinya akan menimbulkan kesulitannya dalam bernafas.

Namun anda jangan hawatir akan hal tersebut, sebab hal tersebut bisa teratasi dengan hanya anda melakukan beberapa langakah mudah berikut ini, yang dapat membantu Anda bernapas lebih mudah dan produksi udara segar pada tubuh anda dapat tercukupi dan bahkan bisa melebihi untuk cadangan. mari kita simak langkah-langkahnya.

Langkah 1: Memakai hidung dilator strip

Dilator strip merupakan jenis plester yang memiliki rusuk plastik yang biasanya diterapkan pada jembatan hidung dan di sisi hidung, jenis plester ini memiliki manfaat yang sangat baik dalam :

  • Membantu menjaga jalannya nafas yang terbuka
  • Membuat bernafas lebih mudah
  • Mengurangi kemacetan saat menghirup udara
  • Mencegah dari yang namanya mendengkur
  • Memilki efek yang baik dalam meningkatkan kinerja organ pernafsan
  • Mengurangi resitensi saluran pernafasan
  • Menurunkan resiko pendarahan pada paru-paru akibat suatu kegiatan yang dijalankan
  • Serta dapat mengurangi kelelahan serta dapat membantu memulihkan jalannya pernafasan pada orang yang baru saja melakukan  pengoprasian pada hidungnya

Cara yang perlu anda lakukan dalam menjalankan langkah pertama ini yaitu dengan:

Menerapkan dilator strip tersebut di luar jembatan hidung Anda, sedikit lebih tinggi dari setengah jalan. Perekat memegang strip di tempat, dan strip itu sendiri fleksibel dan bertindak seperti pegas untuk menarik bagian hidung terbuka. Percobaan dengan posisi yang berbeda pada hidung Anda untuk melihat apakah dilator strip akan bekerja untuk Anda.

Langkah 2 : Oleskan atau semprotkan saline nasal pada hidung

Saine nasal merupakan suatu larutan air garam yang dapat membantu dalam melembabkan dan mealrutkan lendir tebal yang erdapat pada hidung yang menghalangi aliran udara yang menimbulkan adanya ketidak nyamanan. pada umumnya larutan garam ini berbentuk spray namun tak jarang ada orang yang juga menemukan saline nasal dalam bentuk salep. larutan ini tidak akan menimbulkan resiko kecandua atau pemulihan kemacetan.

Saline nasal ini sudah banyak orang yang menggunakannya untuk membantu dalam :

  • Mengurangi hidung tersumbat, tekanan sinus dan masalah pernafasan lainnya yang terbeling sangat rumit atau kronis.
  • Sangat bermanfaat dalam memelihara kebersihan hidung
  • Mengatasi alergi, asma, sinusitis, septum penyimpang dan postnasal drip
  • Meningkatkan fungsi membran mukosa

Cara melakuakn lankah yang kedua ini yaitu dengan mengoleskan tau semprotkan saline nasal pada hidung Anda untuk membantu membersihkan lendir dan bertindak sebagai dekongestan ringan. atau bagi anda yanga akan membuat larutan garam ini sendiri anda bisa mencampurkan 1/2 sendok teh garam laut dan sejumput baking soda dalam 1 cangkir air hangat. Tuangkan larutan ke dalam botol semprot baik-kabut untuk digunakan.

Langkah 3 : Hindari Konsumsi Makanan 3 jam sebelum tidur

Hal ini merupakan langkah yang sangat mudah namun sulit untuk di praktekannya, apalagi bagi orang yang sudah terbiasa menjalankan hal ini.  Secara medis konsumsi amkan 3 jam sebelum tidur dan dibarengi dengan terlau cepat dalam mengunyah makanannya merupakan hal yang memiliki dampak buruk pada kesehatan lambung, yang nantinya akan menjalar ke organ tubuh yang lainnya salah satunya pada organ hidung.

Dampak buruk tersebut berupa adanya cairan pada lambung yang mengalami kebocoran, dan cairan tersebut kemudian menjalar ke hidung, menjalarnya cairan tersebut akan terjadi saat anda sedang dalam keadaana tidur,dari posisi tersebutlah yang akan menyebakanb cairan pada lambung dapat menjalar ke hidung dan nantinya akanmengakibatkan adanya pembengkakan pada hidung.

Langkah 4 : Seringlah mencucui wadah sprey

Langkah ini sangat ditujukan khususnya bag anda yang sering membuat larutan galam sendiri. cara yang dapat anda lakukan dalam menjalankan langkah ini yaitu dengan cara seringlah anda mencuci seprei dengna menggunakan air panas, penggunaan air panas tesrebut bertujuan untuk mencegah masuknya alergen seperti debu pad awadah sprey anda yang mungkin nantinya akan mengganggu pernapasan Anda.

Langkah 5 : Seringlah melakukan bebrapa teknik latihan pernapasan

Cara atu teknik latihan pernapasan yang bertujuan untuk membersihkan hidung tersumbat dapat anda lakuakn dnegan cara sebagai berikut :

  1. Bernapas tiga napas ringan melalui hidung
  2. Kemudian menahan nafas setelah ketiga
  3. Tahan napas selama mungkin
  4. Bernapas dengan lembut melalui hidung, seperti biasa.

Nah itulah lima langkah yang dapat anda lakukan agar tubuh anda mendapat udara yang lebih dan segar melalui hidung anda, bagi anda yang hidup dilingkungan perkotaan segera lakukan kelima langkah mudah diatas ya, agar tubuh anda tidak terlalu banyak memproduksi udara yang kurang meyehatkan bagi tubuh anda.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.