Ginjal dan paru-paru merupakan dua organ tubuh dari sekian banyaknya organ tubuh yang sangat penting dalam kehiupan semua makhluk, ginjal dan paru-paru sangat berperan penting dalam menjaga keseimbangan antara asam dan basa dalam tubuh.

Oleh sebab itu jika ginjal dan paru terganggu,maka keseimbangan asam dan basa dalam tubuh akan mengalami gangguan, gangguan tersebut dapat menimbulkan kondisi seperti: terkenanya tubuh oleh suatu Penyakit yang diakibatkan dari kandungan basa dalam tubuh lebih tinggi dari pada kandungan asam pada tubuh, penyakit yang ditimbulkan dari kondisi tersebut dikelnal dengan penyakit alkalosis, namun beda halnya dengan timbulnya kondisi dimana, kadar cairan asam pada tubuh lebih banyak dibandingkan dengan basa,hal yag akan timbul dari kondisi tersebut yaitu berupa adanya penyakit asidosi yang menyerang.

Namun untuk saat ini, saya akan menjelaskan terlebih dahulu penyakit yang ditimbulkan dari adanya kondisi cairan basa yang lebih tinggi dari cairan asam pada tubuh terlebih.

Jenis dan Penyebab Alkalosis

Berikut adalah 5 jenis alkalosis serta penyebabnya :

1. Alkalosis Pernapasan (Respiratory Alkalosis)

Penyakit alkalosis jenis ini terjadi disebabkan dari adanya tingkat karbon dioksida dalam darah  yang sangat rendah, karbondioksida yang rendah tersebut diakibatkabn dari adanya suplai oksigen yang tidak memadai, kemudian juga dapat disebakan dari terkenaya tubuh oleh demam, adanya penyakit hati pada tubuh, dan penyakit paru-paru.

2. Alkalosis Metabolik (Metabolic Alkalosis)

Penyaki alkalosis jenis kedua yaitu berupa alkalosis metabolik, penyaki alkalosisi jenis ini dapat disebabkan dari adanya tingkat bikarbonat yang meningkat dalam darah. Gejala utama dari alkalosis metabolik yaitu akan timbul terjadinya penurunan kadar garam dalam tubuh seperti natrium, klorida, dan kalium.

3. Alkalosis Hipokloremia (Hypochloremic Alkalosis)

Jenis Klorida yang satu ini akan timbul disebabkan dari adnya tingkat klorida dalam darah yang mengalami penurunan, penurunan pada tingkat klorida tersebut ternyata diakibatkan dari adanya kondisi seperti muntah

4. Alkalosis Hipokalemia (Hypokalemic Alkalosis)

Kemudian alkalosis jenis ke empat yaitu berupa Alkalosis hipokalemia, alkalois jenis ini timbul disebakan dari keadaan tubuh yang kehilangan banyak kalium, dari kehilangan nya kalium pada tubuh tersebut akan menimbulkan ginjal memberi respon pada tubuh yang menjadi faktor utama tumbuhnya alkalosis pada tubuh.

5. Alkalosis Kompensasi (Compensated Alkalosis)

Dalam alkalosis jenis terakhir ini anda sangat penting sekali untuk menjaga tubuh dalam hal mengatur keseimbangan antara asam dan basa dalam tubuh, baik dengan suatu aktifitas, atau pun dengan kegiaytan yang bermanfaat. Alkalosis kompensasi disebabkan dari adanya kondisi tubuh yang mencoba untuk kembali menyeimbangkan kadar asam dan basa pada tubuh, namun keseimbangan antara karbon dioksida dan bikarbonat terus mengalami ketidak normalan.

Tanda dan Gejala Alkalosis

Banyak sekali tanda-tanda atau gejala yang akan timbul, jika tubuh terserang atau terkena oleh penyakit alkalosis. Berikut adalah tanda dan gejala alkalosis:

  • Mual
  • Muntah
  • Pusing
  • Kejang otot
  • Sembelit
  • Kelemahan otot
  • Kebingungan
  • Tangan bergetar
  • Otot berkedut
  • Wajah mati rasa dan kesemutan
  • Diare
  • Masalah pernapasan
  • Iritasi

Nah jika tanda dan gejala tersebut beberaoa diantaranya telah sering anda rasakan, maka tanda dan gejala yang and arasakan tersebut perlu langsung diidentifikasi secepatnya untuk menghindari komplikasi lebih lanjut, yang akan mengganggu kesehatan tubuh anda.

Pada umumnya, jika anda berkonsultasi mengenai adanya beberapa gejala dan tanda dari terkenanya penhyakit hipertensi tersebut kepada dokter ahli di bidangnya, maka nantinya anda pun akan diberi saran oleh dokter untuk melakukan tes darah dan diet non-basa untuk meningkatkan level asam dalam tubuh untuk mencegah memperparahnya penyakit alkalosis.

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.