Tidur siang sebenarnya merupakan suatu rutinitas yang wajib dijalani, sebab manfaat yang ditimbulkannya sangat baik sekali bagi kesehatan beberapa bagian organ tubuh. Namun untuk para pekerja, mungkin akan sulit untuk menjalankannya, disebabkan dari tuntutan tugas yang dijalaninya.

Sebenarnya bagi anda para pekerja, masih bisa menjalankan kegiatan tidur siang, hanya saja mungkin dalam jangka waktu yang sebentar. Tapi yang harus anda ketahui, meskipun anda melakukan istirahat di siang hari dengan cara tidur hanya dalam waktu yang sebentar, anda akan tetap bisa merasakan manfaat yang ditimbulkanya.

Jika anda penasara akan manfaat apa saja yang ditimbulkannya, berikut adalah rangkuman dari beberapa manfaat tidur di siang hari untuk kesehatan tubuh anda, dan penting untuk diketahui oleh anda.

Manfaat tidur siang bagi kesehatan organ tubuh

Meningkatkan kewaspadaan dan produktivitas tubuh

Bagi anda yang menyempatkan waktunya untuk tidur siang, terutama setelah malam harinya kurang tidur, maka tubuh akan merasa lebih berenergik, dan bersemangat untuk menajalankan tugas yang sudah menjadi tanggung jawabnya.

Manfaat tidur siang yang pertama ini, sudah banyak para ilmuwan yang telah membuktikan bahwa tidur siang selama 20menit, maka akan menimbulkan stamina yang sangat baik bagi tubuh, dibanding anda tidur 20 menit pada pagi hari. Apalagi jika anda tidur pada waktu siang selama 1 jam, maka kinerja otak dan kinerja bagian tubuh yang lainnya akan semakin cepat dan lebih akurat.

Mengurangi stres

Tidur siang ternyata merupakan suatu kegaiatan yang dapat menurunkan kadar hormon stres menjadi lebih rendah, sehingga akan membuat seseorang menjadi lebih rileks dan dapat denga mudah menurunkan stress.

Cobalan anda sisakan sebagian waktu istirahat anda untuk melakukan kegiatan yang banyak manfaatnya ini disuatu tempat yang tenang dan nyaman, agat tidur siang yang anda jalani lebih berkualitas, merasa segar, refresh, dan lebih fokus ketika akan memulai kerja.

Meningkatkan fungsi kognitif otakĀ 

Dalam penelitian terbaru, telah menunjukkan bahwa manfaat tidur siang selama 30 menit dapat meningkatkan kemampuan kognitif otak sekitar 40 persen, dimana mereka akan memilki kemampuan kerja yang sangat baik, dan memilki kemapuan menghapal yang luar biasa.

Meningkatkan kreativitas

Istirahat dan relaksasi buakan hanya penting untuk kesehatan tubuh saja, namun juga dapat membuat orang menjadi lebih kreatif. Untuk bebrapa ahli keseahatan sangat setuju bahwa tidur siang dapat menjadi penimbul berbagai ide-ide yang lebih baik nantinya.

Sebab kekuatan tidur siang, memungkinkan otak untuk membuat asosiasi longgar yang diperlukan untuk wawasan kreatif dan membuka jalan bagi kemunculan ide-ide baru.

Menyehatkan Jantung

Ini adalah manfaat tidur siang yang belum banyak diketahui oleh halayak ramai, dimana manfaat yang ditimbulkannya tersebut yakni dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung, terutama pada pria muda.

Orang yang rutin menjalankan kegiatan tidur siang selama 30 menit, minimal tiga kali dalam seminggu memiliki resiko lebih rendah terhadap kematian yang diakibat oleh penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur siang.

Namun untuk kesehatan yang lebih baik secara umumnya, yang ditimbulkan dari dilakukannya tidur siang, yakni dapat menjaga fungsi jantung, merawat hormonal, nda dam meperbaiki sel yang mengalami kerusakan, sehingga dapa memberikan kesehatan tubuh yang lebih baik.

Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan manfaat dari tidur siang yang baik tersebut?

Agar tidur siang anda, benar-benar dapat memberi manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh anda, maka inilah beberapa caranya :

  • Hindarilah dari mengkonsumsi kafein serta makanan yang kaya akan lemak dan gula, yang dapat membuat susah tidur.
  • Konsumsilah jenis makanan yang tinggi akan kandungan kalsium dan protein, agar dapat mempermudaha nda untuk tidur. Hanya saja disaraknkan jangan kah terklau berlebihan mengkonsumsinya,sebab di takutkan akan menimbulkan suatu efek yang kurang baik pada kesehatan tubuh anda
  • Carilah tempat yang bersih, tenang, nyaman, dan minim cahaya, agar tidak akan ada yang dapat mengganggu pada tidur siang anda
  • Aturlah alarm untuk durasi yang diinginkan, agar anda tidak melebihi jatah waktu istirahat anda
  • Disarankan untuk tidur siang selama 15-35 menit.

Demikianlah beberapa informasi mengenai manfaat tidur siang, dan cara untuk mendapatkan manfaatnya, semoga dengan adanya sedikit informasi tersebut, anda lebih bisa memanfaatkan waktu istirahat anda dengan sebaik mungkin.

One thought on “Tips agar tidur siang kita lebih bermanfaat

  1. Mebel jati says:

    Wah tipsnya sangat bermanfaat gan

Tanggapan Anda

Bagian yang ditandai dengan * harus diisi. Jangan khawatir, email Anda akan selalu kami rahasiakan.